Hunting Sunset di Waduk Kebon Melati, Tanah Abang

Waduk Kebon Melati atau yang juga dikenal sebagai waduk melati saja, baru saya ketahui belakangan ini, merupakan spot hunting foto yang diminati oleh para penggiat fotografi di Jakarta. (baca juga : Wajah Baru Jakarta : Kali Besar Barat)

Terletak di dekat Thamrin City, waduk ini dapat menjadi opsi untuk melakukan hunting landscape atau cityscape di bilangan ibukota Indonesia, Jakarta.

Lokasinya yang terletak di pusat keramaian dan pusat perdagangan di Jakarta, membuatnya mudah untuk dijangkau dengan segala moda transportasi.

Pengalaman Hunting di Waduk Kebon Melati

Bulan Desember, sebelum musim hujan tiba, ketika langit senja begitu mempesona, saya niatkan diri untuk menggerakkan kaki menuju waduk ini. Kala itu, ditemani langit yang cerah berawan, saya niatkan ingin mencari perahu yang menjadi subyek andalan para fotografer.

Namun, apalah daya, saya tidak menemukan perahu tersebut!hahaha. Setelah menghabiskan waktu menelusuri pinggiran waduk, tidak saya temukan dimana perahu mungil itu bersandar wkwk…koplak!

Saya mencari spot foto ini 🙁

Setelah sekian langkah, akhirnya saya pun menyerah. Lalu, saya putuskan untuk berhenti sejenak, menghela napas, dan ikhlas… belum rejeki saya untuk menemukan spot tersebut.

Pada akhirnya, saya pun kembali melangkah menuju ke arah Thamrin City, dan kemudian memutuskan untuk menunggu golden hour datang.

Waduk Kebon Melati
Tempat Saya Berdiri Mengambil Gambar (google masih foto lama)

Tak apalah, pikir saya, saya masih bisa mengambil gambar refleksi dari tempat itu. Daaan, alhamdulillah, meskipun kecewa, perasaan tersebut dapat terobati dengan hadirnya langit berona ungu yang menghiasi horizon ibu kota. Dan inilah hasil jempretan kamera saya kala itu!

Waduk Kebon Melati
Senja Menyapa di Waduk Kebon Melati

Sebetulnya, saya cukup prihatin dengan kondisi waduk tersebut, khususnya di tempat saya berdiri. Bau yang menyengat cukup terasa, karena adanya tumpukan sampah dibawah. Ya, sampah memang menjadi momok bersama. Harus ada langkah nyata dari kita agar problematika tersebut dapat teratasi, atau minimal terkurangi.

Pada akhirnya, saya masih bisa mengatakan bahwa, sekalipun Jakarta itu padat, panas, terasa sesak, dan tak jarang membuat saya ingin segera pergi darinya. Namun, hadirnya tempat-tempat seperti Waduk Kebon Melati ini bisa menjadi oase di tengah kegersangan dan kehampaan hidup di ibukota.

Next, SAYA HARUS BISA CARI TAHU DIMANA PERAHU ITU BERADA! hahaha

Share it!

2 COMMENTS

  1. Udah ketemu perahunya, Susuri aja trotoar depan pertokoan itu. Sampai mentok, terus nyebrang sungai kecil ke kiri, terus masuk ke saluran air. Nah, di pinggir waduk sebelah situlah perahu berada.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here