Home Places Bandung Air Terjun Pelangi – Air Terjun Indah di Cimahi

Air Terjun Pelangi – Air Terjun Indah di Cimahi

1

Perjalanan dinas keluar kota, kadang menjadi hal menyenangkan namun terkadang juga tidak. Menyenangkan, jika perjalanan tersebut adalah perjalanan pertama saya ke suatu tempat, dan tidak, kalau misalkan effort menuju kesana tidak sebanding dengan benefit yang didapatkan. Misal : Jakarta – Bandung PP dalam sehari, beuh.. rasanya capek banget…hehe

Baca juga : Wajah Baru Jakarta : Kali Besar Barat

Minggu lalu, di tanggal 21 Maret, saya ditugaskan untuk berdinas ke Bandung selama dua hari. Namun, karena saya sudah lama penasaran dan ingin pergi ke Air Terjun Pelangi yang ada di Cimahi, akhirnya saya putuskan untuk meng-extend kepulangan saya di hari Sabtu siang.

Cara Saya Pergi ke Air Terjun Pelangi

Sebetulnya, untuk mencapai Air Terjun Pelangi atau Curug Cimahi ini, kita bisa menggunakan angkutan umum, yaitu dengan menaiki angkot jurusan Ledeng – Sukasari menuju ke terminal Sukasari, dan kemudian dilanjutkan lagi dengan angkutan jurusan Cisarua – Lembang, lalu turun tepat di gerbang Curug Cimahi tersebut.

Namun, karena saya harus mengejar kereta kembali ke Jakarta di hari Sabtu siang, saya memutuskan untuk berangkat di pagi hari menggunakan taksi online saja. Perjalanan pulang balik saya menghabiskan uang sekitar 90 ribu rupiah.

Lokasi curug ini berada tepat di pinggir jalan raya Kolonel Masturi, jadi sangatlah mudah untuk dapat mengakses ke tempat ini baik dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Jika kita mencari di google, maka akan kita temukan bahwa air terjun pelangi ini buka mulai pukul 08.00. Namun, pada kenyatannya, ketika saya sampai disana pada pukul 07.30, loket sudah buka. Beruntunglah, karena pada jam tersebut, curug masih sepi.

Harga tiket masuk dipatok sebesar sekitar 12.500 – 17.000 per orang untuk wisatawan domestik

Perjalanan Menyusuri Air Terjun Pelangi

Untuk dapat menikmati keindahan air terjun ini, kita diharuskan untuk menyusuri ratusan anak tangga. Untuk turun, kita memang tidak perlu mengeluarkan usaha yang besar. Tapi, siap-siap saja ketika akan pulang, ratusan anak tangga itu akan jadi momok yang berat hehe. Tapi tenang saja, jika kita tidak membawa perbekalan, di depan loket terdapat warung yang menjual minuman dan cemilan untuk bekal perjalanan.

Curug pelangi ini terletak di kawasan hutan, sehingga suasana di tempat ini cukup segar dan asri. Bahkan ketika saya turun, saya temui sekawanan monyet yang sedang asyik bermain. Saya belum berani mengeluarkan kamera dari kantong, takut diembat haha.

Setelah menempuh waktu sekitar 15 – 20 menit. Akhirnya saya pun tiba di dasar lembah. Saya cukup terkesan dengan penampakan yang ada di depan mata saya. Air terjun pelangi ini cukup tinggi. Aliran airnya deras dan jernih. Jika saya punya banyak waktu, tentu saya akan berlama-lama disini.

Air Terjun Pelangi
Air Terjun Pelangi

Karena dikejar waktu, saya memutuskan untuk kembali lebih cepat. Sebetulnya saya ingin melanjutkan ke Dusun Bambu yang letaknya tidak jauh dari curug ini. Namun, ya apa daya, insyaallah lain kali saja. Toh, saya sudah cukup terpuaskan dengan pemandangan indah ini.

Aliran Air Terjun Pelangi
Aliran Air Terjun Pelangi

Untuk naik kembali ke atas, saya memerlukan waktu yang lebih lama. Barangkali ada sekitar 40 menit, karena saya berhenti hampir di setiap tempat peristirahatan. Capek soalnya, gak pernah olahraga pula wkwk

Share it!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here